Tips Membawa Laptop Bepergian

Untuk yang biasa menggunakan laptop untuk bekerja atau sekadar mengerjakan tugas kuliah, maka menjadi tantangan tersendiri saat harus membawa laptop kemana-mana. Apalagi saat ingin bepergian, tetapi laptop tak bisa ditinggalkan di rumah karena masih banyak pekerjaan yang harus dikerjakan, lantas seperti apa tips membawa laptop bepergian? Kita tak bisa sembarangan membawa laptop begitu saja.

Tips Membawa Laptop Bepergian

Memang butuh pertimbangan khusus untuk membawa laptop, mengingat laptop adalah alat elektronik yang membutuhkan baterai untuk supply dayanya. Setidaknya kita harus yakin jika tempat tujuan nanti ada tempat untuk charging baterai laptop supaya laptop bisa tetap digunakan sebagaimana mestinya.

Berikut adalah beberapa tips membawa laptop bepergian yang bisa dicoba :

  • Tas laptop yang nyaman. Hal pertama yang harus disiapkan untuk membawa laptop bepergian adalah tas yang nyaman. Lebih bagus jika tasnya berbentuk backpack atau tas gendong, supaya lebih praktis dan kedua tangan bisa digunakan untuk membawa atau memegang benda lain. Pastikan juga tas cukup besar untuk membawa aksesoris laptop seperti charger dan mouse. Tas juga bisa digunakan untuk membawa dompet atau keperluan lain.
  • Jangan menekan laptop. Walaupun di dalam tas laptop dan diisi berbagai kelengkapan laptop, tetapi jangan paksakan untuk memasukkan berbagai macam benda ke dalamnya yang membuat tas jadi sesak, apalagi sampai menekan laptop dalam waktu yang lama. Laptop yang ditekan terlalu lama, bisa menyebabkan terjadi masalah pada laptop kita.
  • Jangan dibanting. Jika ingin melepaskan tas dan menyimpannya di tempat aman, maka baiknya dilepaskan perlahan dan diletakkan perlahan. Jangan meletakkannya terburu-buru, apalagi sampai terbentur benda lain yang keras supaya laptop tidak rusak.
  • Charge sampai penuh. Walaupun kita akan membawa charger laptop, tetapi kita harus lebih dahulu mengisi dayanya sampai penuh betul. Apabila laptop sudah diisi sampai dayanya penuh, maka kita bisa menggunakannya sepanjang perjalanan. Tak hanya untuk menyelesaikan pekerjaan yang tersisa, namun juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa bosan sepanjang jalan.
  • Gunakan baterai seperlunya. Karena kita akan melakukan perjalanan jauh, dan jika ingin menggunakan laptop dalam waktu yang lebih lama, maka gunakan laptop hanya untuk hal-hal yang penting. Misalnya untuk menyelesaikan tugas, maka pastikan hanya menggunakan laptop untuk menyelesaikan tugas dan jangan menggunakan laptop untuk menyetel musik atau streaming video, karena bisa membuat laptop menghabiskan baterai yang lebih banyak.
  • Hati-hati dengan tempat basah. Saat membawa laptop bepergian, jangan sampai terkena air. Bahkan tas pun jangan sampai lembap karena bisa membuat bagian dalam laptop berembun dan korslet. Pastikan tas yang akan digunakan untuk membawa laptop kering dan bersih, jika cuaca kurang bersahabat dan mendung, maka pastikan memasang cover hujan untuk melindungi tas dan laptop di dalamnya dari air hujan.

Jangan lupa untuk selalu mengecek tas yang dibawa, lihat resletingnya apakah terbuka atau masih menutup, atau ada saku yang belum ditutup untuk mengantisipasi ada barang yang jatuh dari dalam tas dan membuat kita kesulitan nantinya.

Demikian adalah beberapa tips membawa laptop bepergian, dengan menggunakan tips yang telah disebutkan di atas maka laptop tak hanya bisa dibawa bepergian dengan aman, namun juga tetap bisa menggunakan laptop untuk beraktivitas sepanjang perjalanan, sehingga perjalanan berjalan lancar, pekerjaan dan tugas pun bisa diselesaikan sesuai dengan jadwal.