Syarat Wajib Menjadi Fotografer Traveller Profesional

Negara Indonesia kaya akan budaya serta memiliki banyak keindahan alam yang wajib kita explore. Mulai dari gunung, laut hingga peninggalan sejarahnya. Di era digital saat ini banyak sekali para traveller yang menggunggah foto-foto terbaik mereka di media sosial seperti instagram, facebook dan lain sebagainya. Namun dibalik foto yang indah terdapat fotografer yang ahli. Untuk itu, saat ini banyak kalangan pemuda yang belajar dan ingin tahu bagaimana cara menjadi fotografer traveller yang hebat.

Salah satu tugas seorang fotografer traveller adalah memotret destinasi wisata yang kemudian foto tersebut di unggah di media sosial dengan tujuan melestarikan atau mempromosikan tempat yang menurut semua orang pantas untuk di kunjungi. Lalu bagaimana cara menjadi sesorang fotografer yang hebat? Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips mengenai cara menjadi seorang fotografer profesional.

  • Siapkan kamera

Sebelum menjadi seorang fotografer profesional, langkah pertama adalah menyiapkan sebuah kamera. Tak hanya modal kamera saja namun anda juga harus terus belajar dan belajar untuk membidik sebuah objek yang akan anda abadikan. Menjadi seorang fotografer profesional diperlukan latihan terus menerus bagaimana cara mengambil objek yang cantik serta indah dipandang. Selain itu ada baiknya pilihlah kamera yang anda sudah kenali fungsinya dan cara pemakaiannya agar lebih nyaman digunakan saat melakukan pemotretan. Mengambil sebuah objek foto tidak perlu menggunakan kamera yang mahal untuk mendapatkan hasil yang baik. Cukup menggunakan kamera yang sudah kita kenal karena akan mudah untuk dioperasikan dan mendapatkan hasil foto travelling yang indah.

  • Tentukan destinasi

Setelah itu langkah yang harus anda ambil jika ingin menjadi fotografer travelleradalah menentukan destinasi wisata yang akan dijadikan sebuah objek foto. Ada baiknya anda membuat daftar perjalanan yang berisi tempat-tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi. Seperti gunung, pantai, atau tempat-tempat bersejarah. Untuk kalian yang masih pemula ingin belajar tidak harus mengunjungi tempat wisata yang sekiranya jauh dari tempat tinggal. Bisa juga anda memotret sesuatu yang ada di sekitar anda. Foto yang indah tidak dilihat dari destinasi akan tetapi hasil serta kreatifitas anda memotret objek untuk menghasilkan foto yang indah.

  • Lihat cuaca

Tips yang ketiga patut untuk diperhatikan untuk memotret destinasi wisata. Sebab foto-foto yang indah didukung oleh cuaca yang cerah dan terang. Misalnya anda akan memotret gunung maka anda harus memperhatikan elemen-elemen yang ada di sekitar gunung tersebut seperti langit dan hijaunya pepohonan. Ketika anda ingin memotret pantai anda perlu memperhatikan komposisi pantai yang berhubungan dengan cuaca, seperti langit yang bitu dan air laut yang biru.

  • Perhatikan timing

Waktu yang tepat untuk memotret destinasi wisata ada baiknya anda memilih waktu sebelum jam 08.00 karena cuaca di bawah jam tersebut langit masih terlihat bersih dan bebas polusi. Beda jika sudah diatas jam tersebut maka polusi berterbangan dan sinar matahari sudah bersinar terang yang akan menyebabkan komposisi cahaya berlebihan. Selain itu jika anda ingin memotret objek langit ada baiknya memilih waktu jam 3 sore keatas.

  • Gunakan lensa yang besar

Lensa besar sering disebut oleh lensa wide atau lensa lebar. Tujuan dari lensa ini adalah untuk mencangkup seluruh panorama yang ada. Salah satu kunci seorang fotografer traveller ahli yaitu menggunakan lensa wide sehingga tak jarang bila hasil foto mereka terbilang sangat detail.

Dari beberapa tips diatas mengenai cara menjadi fotografer traveller sebenarnya masih terdapat terdapat cara yang masih banyak dan perlu anda belajar dan membacanya. Referensi lainnya dapat anda membaca berbagai artikel lainnya yang disediakan di internet.