Perhatikan Tips Bepergian Jauh Untuk Ibu Hamil

Di masa kehamilan, ada kalanya seorang ibu henadak melakukan perjalanan jauh yang mungkin memakan waktu lebih dari lima jam. Berbeda dengan travelling biasa, bepergian jauh selama masa kehamilan membutuhkan persiapan khusus agar dapat antisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan saat hendak melakukan perjalanan jauh. Untuk itu ibu hamil selalu memperhatikan tips bepergian jauh untuk ibu hamil agar bumil itu sendiri dapat dengan mengantisipasi terjadinya sesuatu hal diluar dugaan.

Perhatikan Tips Bepergian Jauh Untuk Ibu Hamil

Biasanya bumil sering takut melakukan bepergian jauh, karena dari sebagian mereka mengkhawatirkan hal – hal yang ada dibayangan sedangkan itu semua belum benar terjadinya. Walaupun demikian, tidak akan menghambat bumil jika hendak bpergian jauh yang memakan waktu lama hanya saja bumil harus mempersiapkan tips khusus dan semua peralatan yang harus di bawa.berikut ini tips untuk anda.

  1. Tips bepergian mengggunakan mobill

Perjalanan yang aman dan nyaman tentu modal awal yang harus diperhatikan khususnya untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janis dalam kandungan. Jika bumil bepergian menggunakan armada darat (mobil) sebaiknya harus mempertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini:

  • Minggu ke 14 hingg ke 28, masa kehamilan ini umumnya dapat menjadi waktu yang paling aman untuk bepergian jauh, misalnya perjalanan yang memakan waktu lebih dari lima jam. Sebab, pada masa tersebut resiko ibu mengalami keguguran dan persalinan permatur lebih rendah.
  • Selama masa kehamilan, tidak disarankan ibu hamil mengendarai mobil seorang diri, terutama saat bepergian jarak jauh misalnya di luar kota. Jadi, jika hendak melakukan perjalanan jauh sebaiknya ajak salah satu atau salah dua dari keluarga anda atau teman-teman terdekat.
  • Saat bepergian jauh, jangan lupa selalu menggunakan sabuk pengaman lebih rendah agar tidak terlalu menekan perut dan janin.
  • Hindari bepergian saat perut dalam keadaan kosong, usahakan sebelum pergi isi terlebih dahulu perut anda dengan makanan apapun yang menyehatkan untuk janin di perut anda.
  • Bawalah perlengkapan seperti obat-obat pribadi serta berbagai perlengkapan yang membuat ibu hamil merasa nyaman selama diperjalanan.
  • Siapkan kantong plastik untuk berjaga-jaga apabila ibu mual.
  • Usahakan turun 2 jam sekali untuk memperlancar peredaran darah pada kaki.
  • Tips bepergian menggunakan pesawat

Pergi selain menggunakan mobil pribadi, bisa juga menggunakan pesawat terbang. Jalur udara ini umumnya menjadi pilihan transportasi untuk bepergian jarak jauh. Nah, untuk itu saya akan memberikan beberapa tips bepergian jauh untuk ibu hamil yang  akan melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat:

  • Trimester kedua, adalah waktu yang paling aman untuk ibu hamil melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Sebab di waktu itulah resiko ibu mengalami keguguran atau persalaninan secara prematur lebih rendah.
  • Jika ibu hamil  ingin travelling selama trimester ke 3 ada baiknya ibu hamil tidak menempuh perjalanan jauh yang tidak membutuhkan waktu lebih dari 3 jam. Selain itu jangan lupauntuk mempersiapkan berbagai persiapan untuk melakukan persalinan yang tak terduga.
  • Membawa dokumen-dokumen penting yang menyangkut kehamilan saat bepergian menggunakan pesawat.
  • Gunakan sabuk pengaman dibagian bawah perut untuk menghindari risiko perut tertekan.
  • Pilihlah kursi yang dekat lorong agar memudahkan ibu untuk pergi ke toilet.
  • Selalu menggerakkan tubuh tiap 30 menit sekali untuk memperlancar peredaran darah di bagian kaki.
  • Selalu mengkonsumsi air putih yang cukup.

Dari beberapa tips bepergian jauh untuk ibu hamil diatas dapat anda terapkan. Jika diperjalanan anda mengalami hal diluar dugaan, anda dapat bertanya kepada dokter cukup dengan menggunakan smartphone anda. Hal seperti inilah dapat anda terapkan jika terjadi hal yang tidak di inginkan terjadi diperjalanan anda.